mardi 10 novembre 2015

Un Paysage Presque Hivernal...

| |


Semingguan lalu suhu cuaca serasa begitu nyaman yang sama seperti dimusim bunga jadinya... di selatan Peranchis begitu benasib baik karena suhu cuacanya telah mencecah kepada 27°C dan ramai menuju pergi ke pantai.. !

Namun minggu ini pula suhu menurun menjadi dingin kembali yang berupa permandangan dikala musim dingin tampak redup didalam sepi suasana lumrah dikampongulu ini.

 Suasana dikampongulu... château seribu tahun tampak megah diatas puncak bukitnya.

 Selembar daunnya Tilleul.

 Kuning menguning emas warna gemilang.

Dataran laman yang dipermaidanikan guguran dedaunnya Tilleul. Mahu rakamkan photo lengkap pokoknya Tilleul yang berdataran tebal dengan dedaunnya, akan tetapi CintaJL sudah sapu longgokkan menjadi bukit-bukit yang merata banyak dibawah teduhan pokoknya.

Longgokan berbukit dedaun Tilleul.

 Rupa pokoknya Tilleul sewaktu baru menguning emas...




Yang sekarang telah rontok sampai jelas kelihatan dahan pohonnya.

 Suka rupa dahan ranting yang melentok seperti rupa kipas jadinya.


 

 Kawasan sekelilingnya masih kelihatan semak berselerak dengan daun-daun yang masih lagi ada dipokok dimana kena tunggu sehingga habis gugurannya dan selepas itu akan dikemas bersih.


 Dedaun yang banyak ini tidak dibuang karena akan dijadikan compost sebagai baja untuk potager/taman sayuran nanti.

 Kayu-kayu bakal tungku api sepanjang musim dingin ini, dan CintaJL akan membiarkannya sebegitu karena tempat penyusunannya sudah penuh dek kayu yang masih banyak dari baki pada tahun lalu.
Pasti jiran sebelah dan sekitarnya tidak senang dengan permandangan sebegini rupa karena disini Peranchis seharusnya menghormati terhadap kekemasan rapi terhadap taman halaman supaya tidak serabutkan kata hati dan mata sigerangan pemandangnya namun katanya CintaJL kayu-kayu tersebut tampak natural dan berada betul dibawah pokok... demikian itu ianya tidak keterlaluan dari rupa serabutnya namun dan namun jumlah kayu-kayu tersebut begitu banyak !!!

 Peneman nan setia pasti ada...
Terus lari naik keatas tangga utama karena sebuah pengangkutan petani lalu dan Mademoiselle takut terhadap bunyi yang kuat...

Tahun 2015 hampir ke penghujungnya... dan seperti biasa banyak persiapan bakal perayaan diakhirtahun harus dikendalikan, rancangan ke Paris, Lyon dan Strasbourg capital de Noël perlu diurusi dan disebalik itu serasa seperti tidak mahu kemana-mana.. ?

1 commentaires:

Kak Rose a dit…

Salam Ratna.... cantiknya pemandangan,semuanya menguning emas...